JabarGo.com /Bandung – Gubernur Jabar, Ridwan Kamil telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di 27 daerah di Jabar dipastikan mengalami kenaikan. Kenaikan UMK itu juga dipastikan di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) Jabar tahun 2023 sebesar Rp1.986.670,17 atau naik 7,88 persen yang lebih ditetapkan pada (28/11/22).
Penetapan UMK tahun 2023 ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar, Rachmat Taufik Garsadi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (7/12/22) petang. Kenaikan ini tertuang di dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jawa Barat nomor 561.7/kep.776-kesra/2022 tentang upah minimum kabupaten/kota di Jawa Barat Tahun 2023.
“UMK mulai dibayarkan 1 Januari 2023. UMK 2023 hanya berlaku untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun,” kata Anggota DPRD jabar Fraksi Golkar Reynaldi.
Sementara itu, para pengusaha diwajibkan menyusun serta memberlakukan struktur dan skala upah untuk pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun. Keputusan UMK Jabar Tahun 2023 akan dipantau oleh Gubernur serta masing-masing kepala daerah di 27 wilayah
“Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari UMK. Kecuali pengusaha mikro dan kecil yang ditetapkan dengan kesepakatan, demikian telah saya bacakan. (UMK Naik) Di atas 7,8 persen, sudah sesuai Kemenaker 18/2022,” katanya.
Adapun rincian UMK Jabar Tahun 2023 berdasarkan Kepgub Jabar nomor 561.7/kep.776-kesra/2022 tentang upah minimum kabupaten/kota di Jawa Barat Tahun 2023 sebagai berikut, Kota Bekasi Rp5.158.248,20, Kabupaten Karawang Rp5.176.179,07, Kabupaten Bekasi Rp5.137.575,44, Kabupaten Purwakarta Rp4.464.675,02, Kabupaten Subang Rp3.273.810,60, Kota Depok Rp4.694.493,70.
“Kemudian, Kota Bogor Rp4.639.429,39, Kabupaten Bogor Rp4.520.212,25, Kabupaten Sukabumi Rp3.351.883,19, Kabupaten Cianjur Rp2.893.229,10, Kota Sukabumi Rp2.747.774,86, Kota Bandung Rp4.048.462,69, Kota Cimahi Rp3.514.093,25, Kabupaten Bandung Barat Rp3.480.795,40,” urainya.
Selanjutnya, Kabupaten Sumedang Rp3.471.134,10, Kabupaten Bandung Rp3.492.465,99, Kabupaten Indramayu Rp2.541.996,72, Kota Cirebon Rp2.456.516,60, Kabupaten Cirebon Rp2.430.780,83, Kabupaten Majalengka Rp2.180.602,90, Kabupaten Kuningan Rp2.010.734,30, Kota Tasikmalaya Rp2.533.341,02.
“Terakhir, Kabupaten Tasikmalaya Rp2.499.954,13, Kabupaten Garut Rp2.117.318,31, Kabupaten Ciamis Rp2.021.657,4, Kabupaten Pangandaran Rp2.018.389,00, Kota Banjar Rp1.998.119,05.” Pungkasnya.(*)


