Kamis, November 12, 2026
BerandaAdikaryaAnggota DPRD Provinsi Jabar Reynaldi Putra, Sebut Kenaikan UMK di Tahun 2023,...

Anggota DPRD Provinsi Jabar Reynaldi Putra, Sebut Kenaikan UMK di Tahun 2023, Ini Rinciannya

Jumlah Pembaca : 55

JabarGo.com – Semasa Gubernur Jabar dijabat Ridwan Kamil telah ditetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di 27 daerah wilayah Jabar yang dipastikan mengalami kenaikan.

Kenaikan UMK itu dipastikan diatas Upah Minimum Provinsi (UMP) Jabar tahun 2023 dengan besaran Rp1.986.670,17 atau naik 7,88 persen dari yang sebelumnya.

Kenaikan UMK di wilayah Jawa Barat direspon Anggota DPRD Provinsi Jabar, Reynaldi Putra. Menurutnya meski kenaikan UMK itu terjadi di tahun 2023 lalu, pihaknya berharap kenaikan serupa kembali terjadi di tahun 2024 ini.

“Kenaikan UMK 2023 hanya berlaku untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Dan kita berharap di tahun ini kembali akan mengalami hal serupa,” kata AReynaldi.

Sejalan dengan kenaikan UMK ini, lanjutnya, para pengusaha diwajibkan menyusun serta memberlakukan struktur dan skala upah untuk pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun.

Jika kenaikan UMK kembali terjadi di tahun 2024 ini, lanjutnya lagi, maka pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari UMK. Kecuali pengusaha mikro dan kecil yang ditetapkan dengan kesepakatan.

Untuk diketahui rincian kenaikan UMK Jabar di Tahun 2023 berdasarkan Kepgub Jabar nomor 561.7/kep.776-kesra/2022 tentang upah minimum kabupaten/kota di Jawa Barat Tahun 2023, yakni Kota Bekasi Rp5.158.248,20.

Kabupaten Karawang Rp5.176.179,07, Kabupaten Bekasi Rp5.137.575,44, Kabupaten Purwakarta Rp4.464.675,02, Kabupaten Subang Rp3.273.810,60, Kota Depok Rp4.694.493,70.

“Kemudian, Kota Bogor Rp4.639.429,39, Kabupaten Bogor Rp4.520.212,25, Kabupaten Sukabumi Rp3.351.883,19, Kabupaten Cianjur Rp2.893.229,10, Kota Sukabumi Rp2.747.774,86.

Kota Bandung Rp4.048.462,69, Kota Cimahi Rp3.514.093,25, Kabupaten Bandung Barat Rp3.480.795,40. Kabupaten Sumedang Rp3.471.134,10.

Kabupaten Bandung Rp3.492.465,99, Kabupaten Indramayu Rp2.541.996,72, Kota Cirebon Rp2.456.516,60, Kabupaten Cirebon Rp2.430.780,83.

Kabupaten Majalengka Rp2.180.602,90, Kabupaten Kuningan Rp2.010.734,30, Kota Tasikmalaya Rp2.533.341,02. Kabupaten Tasikmalaya Rp2.499.954,13, Kabupaten Garut Rp2.117.318,31.

Kabupaten Ciamis Rp2.021.657,4, Kabupaten Pangandaran Rp2.018.389,00, Kota Banjar Rp1.998.119,05.***

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Berita Terpopuler